Darurat Global Wabah Virus Corona, Dinkes Bengkayang Bakal Cek Kesehatan TKA Asal China

Alex Sinuraya ketika berada di kantornya, Senin (3/2/2020). Jurnalis.co.id

Jurnalis.co.id – Dinas Kesehatan Bengkayang dalam waktu dekat bakal melakukan pengecekan para pekerja asing. Langkah ini sebagai antisipasi darurat global wabah virus corona agar tidak masuk ke daerah tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bengkayang, dr Alex Sinuraya mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menemukan pasien yang terjangkit virus corona di kabupaten tersebut. Namun dalam rangka langkah preventif penyakit menakutkan ini, pihaknya terus memantau situasi dan perkembangan di lapangan.

“Jadi khusus wilayah Bengkayang masih kategori aman,” kata Alex kepada Jurnalis.co.id di kantornya, Senin (3/2/2020).

Baca Juga :  Semprotkan Disinfektan di Rumah Warga, BhabinKamtibmas Pangkalan Buton Ini Gunakan Uang Pribadi

Sebagai persiapan untuk penanganan pasien, pihaknya akan membagikan peralatan medis. Diantaranya pelindung diri (APD).

“Berupa jubah,Masker dan Kaca mata pelindung,” jelasnya.

Setelah alat dibagikan, nanti para medis bisa bertugas dengan baik di titik rawan. Termasuk perlengkapan memeriksa TKA. Hanya saja, Alex tidak merinci berapa jumlah TKA di Bengkayang yang akan di periksa kesehatannya dalam waktu dekat.

Pengecekan kesehatan ini akan dilakukan terhadap TKA asal Cina di PLTU Sungai Raya, Bengkayang. Ini di lakukan guna memastikan kondisi kesehatan TKA di sana.

Baca Juga :  Plh Sekda Kalbar Tekankan Langkah Preventif Turunkan Angka Stunting

“Sejauh ini kita tidak tau berapa jumlah mereka serta bagaimana aktivitas pekerja pulang pergi. Informasi ini penting untuk¬†melindungi masyarakat kita agar tidak tertular,” tutur Alex.

Bukan hanya mengontrol kesehatan para TKA, pihaknya juga mengimbau masyarakat Bengkayang agar selalu berperilaku sehat. Diantaranya makan buah-buahan, banyak minum air putih, mencuci tangan sebelum tidur serta sebelum dan sesudah makan.

“Kemudian cuci tangan sebelum dan sesudah buang air kecil dan besar,” pesan Alex. (adi)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?