Dinkes Kapuas Hulu Ingatkan Masyarakat Waspadai DBD

Herberia

– Kendati curah hujan relatif rendah di bulan April 2020 ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas Hulu mengingatkan masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan akan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Sejak Januari sampai 16 April 2020, jumlah DBD di Kapuas Hulu sebanyak 12 kasus.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kapuas Hulu, Herberia menyampaikan, dari 12 kasus DBD tersebut lebih banyak ada di Kecamatan Batang Lupar. Yakni enam kasus.

“Sementara Putussibau Utara 1, Badau 2, Silat Hulu 1, Empanang 1 dan Puring Kencana 1,” katanya belum lama ini.

Baca Juga :  Subkoordinator Kesling Dinkes PPKB Hadiri Lokakarya Mini Lintas Sektor Triwulan I Puskesmas Boyan Tanjung

Baca juga:Tim Gabungan Pencegahan Covid-19 Kapuas Hulu Gelar Patroli Malam

Herberia berharap kepada masyarakat untuk lebih giat lagi menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih. Sehingga penyebaran penyakit DBD bisa terus ditekan. Caranya dengan mengoptimalkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dengan mengubur, menutup dan menimbun (3M) barang-barang bekas.

“Tumpukan barang bekas seperti ban, kaleng, dan wadah lainnya ini harus dibersihkan supaya nyamuk pembawa virus DBD ini tidak lagi bertelur dan bersarang disana, sehingga tidak ada lagi penyebaran,” ujarnya.

Baca Juga :  Dinkes Kapuas Hulu Pastikan Ketersediaan Logistik Penanganan Corona Tercukupi

Baca jugaAnggota Kodim 1206/Psb Dicek Suhu Tubuh

Herberia juga mengajak masyarakat untuk giat membersihkan air dan menutup tempat penampungan air supaya nyamuk tidak lagi bisa bersarang.

“Kasus ini bisa kita tekan apabila kita bersama-sama dengan masyarakat ikut serta terutama dalam menjaga lingkungan sekitar dan rajin membersihkan lingkungan dengan menerapkan 3M Plus tadi,” pungkasnya. (dRe)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?