Sira Jaya Desa Pertama Launching Penyaluran BLT-DD

Launching BLT- DD di Desa Sira Jaya Kecamatan Pengkadan dilakukan melalui video conferance, Kamis (3/4/220). Foto: DPMD Kapuas Hulu

– Pertama kali di Kalbar, Kabupaten Kapuas Hulu sudah melaunching realisasi Dana Desa (DD) untuk dialokasikan sebagai Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) terdampak pandemi virus Corona (Covid-19). Launching BLT-DD di kabupaten ujung timur Provinsi Kalbar itu dilaksanakan di Desa Sira Jaya Kecamatan Pengkadan, Kamis (30/4/2020).

Kegiatan launching BLT-DD dilakukan melalui video conference, oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kapuas Hulu yang dibuka oleh H. Junaidi, Kabid Pembinaan Administrasi Desa, mewakili Kepala Dinas PMD Kapuas Hulu Alpiansyah.

“Kegiatan ini sebagai respon dari kebijakan pemerintah pusat dalam menanggulangi dampak Covid-19 di Kabupaten Kapuas Hulu,” terang Junaidi.

Baca jugaDua Pejabat Pemkab Kapuas Hulu Reaktif Covid-19, Dinkes Lakukan Pemeriksaan Swab

Junaidi menambahkan, Pemkab Kapuas Hulu melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa akan terus mendorong percepatan penyaluran BLT-DD kepada keluarga miskin yang terdampak oleh pandemi Covid-19 di 278 desa se Kapuas Hulu. Lebih lanjut Junaidi menjelaskan, penyaluran BLT-DD tersebut berdasarkan Surat Edaran Kemendes PDTT Nomor : 1261/PRI.00/IV/2020 tanggal 14 April 2020 penyaluran BLT -DD tahun anggaran 2020 dan itu kata dia sudah bahas pada Intern DPMD Kapuas Hulu.

Baca Juga :  Pelebaran Jalan Nasional di Lintas Utara Kapuas Hulu Abaikan Hak Masyarakat

“Sehingga ini dapat terlaksana dan bisa dilakukan secara baik dan sesuai prosedur di Desa Sirajaya Kecamatan Pengkadan,” pungkas Junaidi.

Dalam kesempatan tersebut, Dedy Hari Supriyanto Koordinator Kabupaten Tenaga Ahli P3MD Kemendes PDTT untuk Kapuas Hulu menyampaikan, pemberian BLT-DD untuk bencana non alam ini diatur dalam Peraturan Menteri Desa (Permendesa) Nomor 6 Tahun 2020.

“Dijelaskan dalam Permendesa Nomor 6 Tahun 2020, BLT Dana Desa adalah bantuan untuk penduduk miskin yang bersumber dari Dana Desa,” ungkap Dedy.

Dikatakan Dedy, pelaksanaan BLT-DD menjadi tanggungjawab setiap kepala desa, di mana sasarannya telah dirincikan dalam peraturan yang berlaku.

Baca jugaPenanganan Longsor Tebing Sungai Kapuas di Kapuas Hulu Wewenang BWSK I

Baca Juga :  Persoalan Kratom, Masyarakat Minta BNN Melihat Fakta di Lapangan Gunakan Mata Hati

Launching pertama BLT-DD se Kapuas Hulu di Desa Sira Jaya itu disaksikan oleh Camat Pengkadan Tabri, sekaligus simbolis penyerahan kepada 52 KPM di desa Sira Jaya secara simbolis. Setiap keluarga penerima BLT-DD mendapat bantuan sebesar Rp600 ribu per bulan, dengan masa penyaluran tiga bulan, terhitung sejak April 2020.
Pasca di launching hari itu, Kepala Desa Sira Jaya Surahman langsung mendatangi 52 KPM, bersama perangkat desa didampingi Babinsa, Babinkamtibmas dan perangkat desa untuk membagikan BLT-DD tersebut.

Ditambahkan Eva Sriharyanti, Korcam Pendamping Desa di Kecamatan Pengkadan BLT-DD memang harus bantuan langsung tunai.

“Kalau untuk Desa Sira Jaya ini memang telah tertata rapi secara administrasi kependudukan pada tahun lalu, sehingga pada saat pendataan calon penerima  BLT -DD bisa terlaksana dengan cepat melalui Musdeskus, tanpa adanya Data yang doble dengan data penerima sumber bantuan lainnya seperti dari dinas sosial, kabupaten maupun provinsi,” ungkap Eva. (dRe)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?