Image
Image
Image
Sekadau

Pengunjung Dukung AKB Terminal Lawang Kuari

Anggota kepolisian memasangkan masker kepada warga di pusat kuliner kawasan terminal bus Lawang Kuari Kota Sekadau, Sabtu malam (15/8/2020). Foto: Abdu Syukri/Jurnalis.co.id

– Suasana pusat kuliner di kawasan terminal bus Lawang Kuari Kota Sekadau, Sabtu malam (15/8/2020), berbeda dengan hari-hari biasanya. Terasa jauh lebih menyenangkan dari beberapa pekan sebelumnya.

Perbedaan suasana terminal itu terjadi karena tidak ada lagi kendaraan pengunjung baik roda dua maupun roda empat yang terparkir di dalam kawasan terminal. Bagian dalam kawasan terminal kini bisa lebih fokus digunakan pedagang untuk berjualan.

Kendaraan pengunjung yang dulunya kerap parkir hingga dekat dengan lapak jualan pedagang, kini diatur parkir di sisi luar kawasan terminal. Kebijakan tersebut merupakan salah satu dampak positif dari penerapan pilot project Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) atau new normal di terminal Lawang Kuari Sekadau.

Penerapan AKB ini pun mendapat sambutan posistif dari sejumlah pengunjung. Satu diantaranya disampaikan Tri Buwana Cakra Warti.

“Jauh lebih nyaman rasanya,” kata Buana kepada awak media ini disela santai dengan sejumlah rekan-rekannya di salah satu lapak PKL Terminal Lawang Kuari Sekadau, Sabtu malam.

Image

Gadis berparas cantik ini merasa suasana santai di terminal Lawang Kuari Sekadau jauh lebih baik. “Bagus juga parkir kendaraan di luar. Jadi lebih luas. Beda dengan dulu parkirnya semeraut,” tuturnya.

Gadis berkulit putih ini juga meminta kepada seluruh pengunjung untuk tetap mematuhi protokol kesehatan. “Cuci tangan, jaga jarak dan menggunakan masker,” ajaknya.

Penerapan AKB merupakan salah satu upaya pemerintah, khususnya gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau dalam mencegah peredaran Covid-19. Dalam AKB ini, pengunjung kawasan pasar kuliner terminal Lawang Kuari yang beroperasi sejak sore hingga malam wajib mengunakan masker, jaga jarak dan dilakukan termoscan.

Untuk mensukseskan pelaksanaan AKB itu, ada tim gabungan yang diturunkan. Di antaranya dari Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan serta tim parkir. Ada juga BPBD-PK, TNI dan Kepolisian.

“Penataan seperti ini sudah sejak minggu lalu kita lakukan,” kata Masdar, Kasat Binmas Polres Sekadau. (suk)

Image Image
Image Image
Image Image
Image
Image Image
Image
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top