Image
Sekadau

MTQ Jadi Ajang Pembelajaran Masyarakat Mendalami Alquran

Anas Al Hifni

– Pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat provinsi Kalimantan Barat ke XXVIII di Kabupaten Sekadau baru saja usai digelar. Momen berharga ini diharapkan bisa menjadi motivasi masyarakat dalam memperlajari Alquran.

Sejauh ini, banyak masyarakat muslim yang berpandangan bahwa pendidikan agama termasuk mendalami Alquran akan menjadi beban tambahan dalam mendalami pendidikan formal. Pandangan seperti itu sebenarnya sangat keliru.

Mendalami pendidikan agama, khususnya mempelajari Alquran justru bisa mendukung kemampuan dalam mendalami pendidikan formal. Buktinya, banyak qori dan qoriah yang tampil di MTQ justru memiliki kemampuan yang sangat luar biasa dibidang pendidikan formal.

Salah satu buktinya diperlihatkan qori asal Kabupaten Kubu Raya, Anas Al Hifni. Anas yang berhasil meraih juara dua cabang tilawah dewasa ini adalah peraih gelar doktor Universitas kenamaan di Mesir. Ia juga tercatat sebagai dosen di Universitas Djuanda Surabaya.

Image Image

“Belajar Alquran justru akan menambah kemampuan kita dalam bidang akademik,” kata Anas disela tampil di MTQ tingkat provinsi di Kabupaten Sekadau, awal pekan ini.

Anas mengakui sudah dari kecil belajar Alquran. Ia memastikan mendalami Alquran justru bisa menunjang prestasi akademik.

Anas juga sudah sering mengikuti MTQ baik tingkat regional maupun nasional. Anas mengimbau semua umat muslim untuk sama-sama mendalami Alquran. (suk)

Image Image
Image Image
Image Image
Image
Image Image
Image Image
Image Image
Image Image
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top