Image
Melawi

Lantik 111 Kades, Bupati Melawi Minta Pengelolaan Dana Desa Transparan

Bupati Melawi Dadi Sunarya Usfa Yursa memasang lencana kepada perwakilan Kades yang dilantik pada Rabu (03/03/2021) di Halaman Pendopo Bupati Melawi. Foto: Dedi Irawan/Jurnalis.co.id

– Sebanyak 111 kepala desa (Kades) terpilih se Kabupaten Melawi dilantik di halaman Pendopo Bupati Melawi, Rabu (03/03/2021). Pelantikan dengan menerapkan protokol kesehatan tersebut dipimpin langsung Bupati Melawi H. Dadi Sunarya Usfa Yursa.

Para Kades yang dilantik tersebut merupakan hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2020. Sebelum dilantik, para Kades mengikuti Swab Antigen untuk mendeteksi Covid-19.

Dalam pelantikan itu, Bupati menekankan kepada para Kadea agar bisa mengelola dana desa dengan baik, secara profesional dan transparan.

“Kita menekankan kepada para kepala desa yang baru dilantik, agar bisa menjalankan program pemerintah, seperti penanganan Covid-19, Karhutla serta pengelolaan dana desa yang baik dan transparan,” pintanya.

Image

Orang nomor satu di jajaran Pemkab Melawi ini juga meminta kepada instansi terkait untuk segera melakukan bimbingan teknis kepada para 111 Kades ini. Agar mereka bisa menjalankan tugas dengan baik.

“Instansi terkait kita minta segera lakukan Bimtek kepada kepala desa. Agar pengelolaan dana desa bisa baik, transparan serta sesuai dengan petunjuk teknis,” perintah Dadi.

Image

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, H Hasannudin mengatakan, para Kades akan segera diberikan bimbingan teknis.

“Bimtek itu wajib bagi kepala desa, agar tau cara pengelolaan dana desa serta tau tugas dan fungsinya,” ucapnya.

Hasan mengatakan, 111 Kades yang dilantik merupakan hasil Pilkades serentak tahun 2020.

“Pelantikan ini merupakan tahapan proses dan pemenang Pilkades kemarin tetap dilantik, terkait apakah ada proses hukum terhadap yang bermasalah, itu urusan Polres menanganinya,” ucap Hasan.

Terpisah, Kepala Desa Paal terpilih yang baru saja dilantik, H Sukarman mengatakan pihaknya akan menjalankan program pemerintah serta mengelola dana desa secara transparan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis.

“Kita akan mempelajarinya terlebih dahulu sesuai aturan yang ada,” kata Sukarman. (Ira)

Image
Image Image
Image Image
Image
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top