Image
Ketapang

Citra Eka Syandi Nahkodai HIPMI Ketapang

Ketua HIPMI Domisioner, Sudirman Talib (kiri) berjabat tangan dengan Ketua HIPMI Terpilih, Citra Eka Syandi, Kamis (04/03/2021) malam. Poto: Abdul Salim/Jurnalis.co.id

– Pelaksanaan Musyawarah Cabang (Muscab) BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Ketapang ke-VI telah berakhir, Kamis (04/03/2021) sore. Sesuai hasil Muscab, Citra Eka Syandi terpilih secara aklamasi menjadi Ketua UMUM BPC HIPMI periode 2021 – 2024.

Ketua BPC HIPMI Domisioner, Sudirman Talib SE menjelaskan, sejak dibukanya Muscab oleh PJ Sekretaris Daerah hingga ditutupnya acara, semua rangkaian kegiatan berjalan lancar.

“Mulai pembukaan sampai acara ditutup Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Ketapang, alhamdulillah Muscab berjalan lancar. Bahkan di pemilihan ketua dilalui dengan musyawarah mufakat,” jelas Sudirman Talib, Kamis (4/3) malam.

Pada bagian pemilihan Ketua Umum (Ketum), lanjut Sudirman, terdapat dua kandidat Calon Ketua Umum (Caketum) yang lolos verifikasi penitia. Meraka adalah saudara Citra Eka Syandi dan Heriansyah.

“Saat penyampaian visi misi, ternyata terdapat kesamaan. Karena HIPMI punya komitmen bertanding itu untuk bersanding, maka Caketum Heriansyah legowo menyerahkan kepada Caketum Citra Eka Syandi untuk menjadi Ketua HIPMI,” ungkapnya.

Dia mengatakan, adanya musyawarah para Caketum menandakan bahwa keduanya sama – sama ingin membesarkan HIPMI. Namun, Ketum terpilih tetap komitmen mengakomodir dan merangkul kompetitornya menjadi Sekretatis Umum (Sekum).

Image

“Saya mengucapkan terima kasih karena proses pemiliha berjalan lancar dan aman. Saya juga apresiasi kepada dua Caketum yang mengedepankan nama besar HIMPI,” ucapnya.

Dia berharap, kepengurusan yang baru akan lebih membesarkan lagi nama HIPMI dengan berbagai program sesuai hasil Muscab. Kemudian terus menjadlin komunikasi dan bersinergi kepada semua pihak, teruma Pemerintah Daerah.

“Pemerintah itu sebagai mitra HIPMI. Kita sebagai pengusaha tentu saling membutuhkan, terutama menyangkut regulasi yang berkaitan dengan perekonomian,” harapnya.

Selain kepada pengurus, terkhusus Ketua terpilih, ia berpesan agar membangun komunikasi dengan sesama pengurus guna memperkuat struktur di internal HIMPI. Menurutnya Ketua tidak akan bisa bekerja sendiri tanpa bantuan pengurus lain.

“Selalu bangun komunikasi sesama pengurus. Saya yakin dan optimis kepemimpinan Citra Eka Syandi yang didampingi Heriansyah menjadikan HIMPI lebih maju dan besar di Ketapang,” tambahnya.

Image

Sementara Ketua Umum BPC HIMPI Terpilih, Citra Eka Syandi ST MT berkomitmen membawa HIPMI Ketapang menjadi lebih baik. Dia meyakini, jika semua bahu membahu dan saling merangkul semua bisa terwujud.

“Saya optimis HIPMI jadi lebih besar lagi. Adanya anggota baru yang semuanya memiliki potensi tentu menambah kekuatan, belum lagi kaloborasi pengurus baru dan penguru lama. Jadi sangat optimis,” kata Citra.

Sebagai langkah awal, dalam waktu dekat pihaknya segera merampungkan struktur pengurus bersama. Kemudian akan melaksanakan Diklatkab bagi anggota baru yang bergabung di BPC HIPMI Periode 2021 – 2024.

“Diklatkab adalah syarat wajib yang harus diikuti untuk setiap anggota baru. Pelaksanaannya sebelum pelantikan pengurus,” ujar Sekretaris Esport Indonesia Ketapang ini.

Sedangkan menyangkut program tiga tahun periode kepengurusan HIPMI, dia mengaku sudah tersususn dalam pelaksanaan Muscab. Sebagai program merupakan penjabaran dari visi dan misi dirinya sebagai Caketum HIPMI

“Salah satunya, kita sekarang sedang mencoba pemanfaatan transformasi digital. Ada juga membangun kaloborasi dengan pengusaha, pemerintah, akademisi dan para potensi – potensi anak muda yang di Ketapang,” timpal dia.

Ia menambahkan, HIMPI Ketapang juga berupaya semaksimal mungkin memberikan kontribusi, masukan dan saran terhadap Pemda. HIPMI sudah memiliki beberapa rekomendasi untuk Pemda Ketapang, meskipun kepengurusan masih belum utuh.

“Garis besarnya sudah tertuang di sidang – sidang komisi saat Muscab. Intinya kami berharap Pemda dapat mendorong dan meberikan kebijakan agar UKM bisa berkembang, apalagi sekarang di tengah Pandemi. Kami juga meminta HIPMI dilibatkan ketika ada program menyangkut perekonomian,” sambungnya.

Terpisah, Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, Suherman SH MH meminta pengurus HIPMI yang baru dapat memberikan kontribusi positif bagi pembangunan di Kabupaten Ketapang.

“Saya harap bisa memberikan masukan yang bersifat konstruktif. Apalagi saat ini Pemda Ketapang sedang menyusun RPJMD tahun 2021 – 2026,” pinta Suherman usai membuka Muscab BPC HIPMI. (lim)

Image
Image Image
Image Image
Image
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top