Image Image Image Image
Kapuas Hulu

Bupati Lantik 30 Anggota BPD Wilayah Perbatasan Indonesia – Malaysia

Pelantikan 30 anggota BPD di Kecamatan Empanang, Kapuas Hulu, Jumat (24/09/2021). Foto: Istimewa

– Sebanyak 30 anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) periode 2021 – 2027 di daerah perbatasan Indonesia – Malaysia, tepatnya di Kecamatan Empanang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, Jumat (24/09/2021).

Bupati menyampaikan dalam membangun desa ada empat pilar yang harus diperkuat dan bersatu. Salah satu pilar tersebut adalah BPD.

“Saat ini tuntutan kinerja jauh lebih cepat dibandingkan dengan ketersediaan sumber daya manusia,” katanya.

Bupati disapa Sis ini mengatakan BPD merupakan lembaga perwujudan demokrasi di masyarakat desa. Sehingga dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pembangunan di desa.

Bupati mengimbau para kepala desa, perangkat desa, anggota BPD dan pengurus BUMDes serta lembaga lainnya mengembangkan diri, meningkatkan kemampuan agar dapat melaksanakan tugas dan fungsinya masing-masing sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Image

“Tetap jaga kebersamaan dan kekompakan saling mengisi dan menghargai antara sesama pelaku pembangunan di desa, kecamatan dan kabupaten,” pesannya.

Secara umum ada tiga tugas dan fungsi BPD. Pertama, fungsi legislasi. Kedua, fungsi anggaran. Ketiga, fungsi pengawasan.

Bupai minta BPBD menjalankan semua fungsi dengan tetap mengedepankan semua peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Saya juga berharap agar BPD, Kades dan Perangkat Desa dapat membuat program sejalan dengan visi misi Kepala Daerah untuk mewujudkan kabupaten Kapuas Hulu yang Hebat,” pungkas Bupati Sis. (opik)

Image
Image Image
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top