JURNALIS.co.id – Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu telah menempatkan pembangunan kesehatan sebagai salah satu prioritas pembangunan melalui beberapa strategi. Salah satu strategi yang dilaksanakan yaitu peningkatan mutu pelayanan kesehatan Puskesmas.
Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kapuas Hulu, Sudarso dalam sambutannya pada Opening Meeting Survei Akreditasi Puskesmas Batang Lupar pada 14 Desember 2023.
Survei Akreditasi Puskesmas Batang Lupar dilaksanakan oleh Lembaga Survey Akreditasi Fasyankes Seluruh Indonesia (LASKESI) yaitu Simson beserta tim.
Hadir bersama Kadis, para Kepala Bidang, Kepala Subbagian, Subkoordinator dan jajaran di lingkungan Dinkes PP dan KB Kapuas Hulu. Hadir Kepala Puskesmas Batang Lupar beserta seluruh jajaran pegawai/Staf dan tenaga kesehatan Puskesmas setempat.
Sudarso menyampaikan salah satu upaya peningkatkan mutu pelayanan kesehatan adalah melalui akreditasi, yang bertujuan untuk pembinaan dan peningkatan mutu pelayanan dan keselamatan bagi pasien dan masyarakat secara berkesinambungan.
“Seperti yang pada hari ini kita laksanakan bersama-sama,” jelasnya.
Dikatakan Sudarso, misi ke-5 Bupati – Wakil Bupati Kapuas Hulu HEBAT yaitu ‘Mewujudkan Kapuas Hulu yang Sejahtera dalam Pelayanan Kesehatan Dasar yang Bermutu bagi Masyarakat’.
Ditambahkannya, Puskesmas Batang Lupar adalah Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Pertama yang merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan, bertanggung jawab menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan di wilayah kerja Kecamatan Batang Lupar.
“Maka dari itu, harapan saya Puskesmas Batang Lupar dalam menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan baik Promotif, Preventif, Kuratif maupun Rehabilitatif, tentunya harus dilaksanakan sesuai dengan standar pelayanan untuk menjamin mutu pelayanan yang diterima oleh masyarakat,” tegasnya.
Selaku Kepala Dinas, Sudarso menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh bagi Kepala Puskesmas Batang Lupar beserta jajaran agar dapat menjalani Survei Akreditasi ini dengan baik, dan dapat melakukan perbaikan dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan maupun monitoring dan evaluasi program maupun pelayanan.
“Jadikan momen akreditasi ini sebagai titik awal untuk memberikan pelayanan yang terbaik di masa yang akan datang bukan hanya pada saat survey saja karna surveyor atau penilai sesungguhnya adalah masyarakat yang menerima layanan kesehatan,” pesannya.
Kepada Tim Surveyor, Sudarso berharap dapat melakukan penilaian dengan obyektif serta memberikan pembinaan dan masukan serta saran bagi perbaikan pelayanan di Puskesmas Batang Lupar agar semakin baik kedepannya.
“Kepada Camat beserta Forkopimcam serta lintas sektor saya harapkan dapat mendukung penuh kegiatan ini dan jika nanti diperlukan untuk telusur atau wawancara agar dapat meluangkan waktu, saya selaku Kepala Dinas siap mendukung kesuksesan kegiatan akreditasi Puskesmas se-Kabupaten Kapuas Hulu termasuk di Puskesmas Batang Lupar,” pungkas Sudarso. (opik)
Discussion about this post