
JURNALIS.co.id – Selama 25 tahun hadir di Indonesia, Biznet telah menjadi salah satu pelopor inovasi yang mendorong kemajuan masa depan digital bangsa.
Momen ini menjadi penanda dedikasi dan komitmen Biznet dalam menjembatani kesenjangan digital di seluruh Indonesia.
Sejak awal berdiri, Biznet konsisten memberikan layanan berkualitas dengan dukungan infrastruktur modern sebagai fondasi pertumbuhan ekosistem digital nasional.
Memasuki usia seperempat abad, komitmen tersebut semakin diperkuat melalui pengembangan infrastruktur baru dan perluasan jaringan ke lebih banyak wilayah.
Pada Maret 2025, Biznet resmi mengaktifkan jaringan kabel fiber optik bawah laut di Pulau Jawa yang menghubungkan kota-kota strategis seperti Jakarta, Cirebon, Semarang, dan Surabaya.
Langkah ini bertujuan menambah kapasitas bandwidth antar kota sekaligus meningkatkan keandalan layanan. Inovasi tersebut menjadi bagian dari pembangunan Biznet Nusantara Cable System-2 (BNCS-2) yang akan memperluas jaringan kabel bawah laut Biznet.
President Director Biznet, Adi Kusma, menjelaskan bahwa perjalanan Biznet sejak tahun 2000 bukan hanya tentang membangun jaringan.
“Biznet sudah menginjak usia 25 tahun, dapat dikatakan sebagai usia yang cukup matang. Perjalanan seperempat abad ini bukan hanya tentang membangun jaringan, melainkan bagaimana Biznet bisa terus berkontribusi dan berinovasi dalam membangun masa depan digital di Indonesia. Sejak awal kami percaya bahwa jaringan Internet itu harus bisa diakses oleh semua orang, terutama di era digital saat ini. Karena itulah setiap langkah dan inovasi kami selalu mengarah kepada kualitas layanan yang lebih cepat dan lebih stabil serta akses yang lebih merata ke seluruh wilayah di Indonesia,” ungkapnya.
Menurut data Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), penetrasi pengguna Internet meningkat dari 79,5% pada 2024 menjadi 80,66% pada 2025, atau sekitar 229 juta jiwa.
Angka ini menunjukkan kebutuhan masyarakat akan konektivitas semakin tinggi, sehingga diperlukan fondasi digital yang kuat untuk mendukung aktivitas harian dan operasional bisnis.
Menjawab tantangan tersebut, Biznet terus memperkuat infrastruktur digital dengan membangun jaringan kabel fiber optik bawah laut. Setelah sukses meluncurkan BNCS-1 pada Juni 2024, Biznet kini melanjutkan pembangunan BNCS-2, yang akan menghubungkan Pulau Jawa, Bali, Kalimantan, dan Sulawesi.
Langkah ini menjadi bagian dari komitmen Biznet untuk memperkuat konektivitas nasional dan meningkatkan keandalan layanan.
Hingga kini, Biznet telah menggelar jaringan The New Biznet Fiber sepanjang lebih dari 100.000 kilometer, mencakup lebih dari 3 juta homepass di Pulau Jawa, Bali, Sumatra, Bangka, Batam, Kalimantan, Sulawesi, Lombok, Flores, dan Timor.
Sebagai bentuk komitmen pemerataan akses Internet, Biznet juga menjalankan program tanggung jawab sosial (CSR) untuk memenuhi kebutuhan digital masyarakat dengan bandwidth yang setara dengan kota besar.
Melalui program ini, Biznet memberikan layanan Internet gratis bagi lebih dari 300 kepala keluarga (KK) di sekitar area Biznet MarinePOP, lokasi pendaratan kabel bawah laut di tujuh kabupaten: Jembrana, Serang, Karawang, Gresik, Bangka Barat, Lampung Selatan, dan Banyuasin.
“Sejak awal perjalanan kami sebagai penyedia layanan Internet, kami memiliki harapan yang besar agar masyarakat di seluruh wilayah Indonesia bisa terus berkembang dengan memanfaatkan teknologi Internet. Karena itu, kami memberikan kesempatan bagi masyarakat di sekitar Biznet MarinePOP mendapatkan akses Internet gratis untuk lebih terhubung dengan informasi dunia dan menjadi lebih berkembang di era yang kini serba digital,” ujar Adi.
Pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia juga menjadi cerminan pesatnya digitalisasi di berbagai sektor, terutama pendidikan dan kesehatan.
Untuk itu, Biznet menghadirkan layanan EducationNET dan HealthNET, dengan bandwidth besar dan harga yang lebih terjangkau.
Dalam sektor pendidikan, Biznet memahami bahwa konektivitas tidak hanya mendukung operasional instansi, tetapi juga memperkuat proses belajar-mengajar agar lebih efektif.
Koneksi yang andal memungkinkan siswa mengakses sumber belajar yang luas, membuka wawasan, dan mempersiapkan diri menghadapi tantangan masa depan.
Sementara di sektor kesehatan, Biznet memastikan layanan Internet yang stabil untuk mendukung penggunaan perangkat medis berbasis digital.
Selain itu, Biznet juga menyediakan Biznet Hotspot, layanan Internet gratis di berbagai area pendidikan dan fasilitas kesehatan.
Sebagai bentuk apresiasi terhadap pelanggan, Biznet menambah kapasitas bandwidth hingga 150 Mbps secara gratis bagi pengguna layanan Biznet Home selama Oktober 2025.
Langkah ini diambil untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan koneksi yang cepat, stabil, dan mampu mendukung berbagai aktivitas digital di rumah.
Tidak hanya fokus pada inovasi layanan, Biznet juga mendukung gaya hidup sehat masyarakat Indonesia melalui kegiatan Biznet Fun Run Pontianak yang akan digelar pada 26 Oktober 2025 di Museum Kalimantan Barat.
Acara ini mengajak masyarakat untuk hidup aktif dan sehat, sekaligus menikmati manfaat konektivitas digital yang mempererat kebersamaan.
Pontianak menjadi kota kedua pelaksanaan Biznet Fun Run, sebagai bukti bahwa kemajuan teknologi dan gaya hidup sehat dapat berjalan seiring dalam menciptakan kualitas hidup yang lebih baik.
Sebagai bagian dari rangkaian perayaan, Biznet juga mengadakan Biznet Prize Vaganza, program giveaway khusus bagi pelanggan baru Biznet Home dan Biznet Metronet.
Setiap pelanggan baru berkesempatan meraih hadiah menarik yang diundi setiap bulan selama periode September hingga Desember 2025. Pelanggan setia pun berkesempatan memenangkan hadiah spesial pada tahun 2026.
Di momen hari jadi Biznet, Adi Kusma juga menyampaikan ungkapan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung perjalanan perusahaan selama ini.
“Di usia yang ke-25 ini, izinkan kami menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah menjadi bagian penting dari perjalanan Biznet selama ini. Tentunya kami tidak bisa berdiri dan terus bertumbuh hingga saat ini tanpa dukungan dan kepercayaan kalian,” ucapnya.
Ia menjelaskan, semangat Biznet tumbuh dari berbagai elemen yang menjadi bagian penting dalam perkembangan perusahaan.
“Inspirasi dan semangat Biznet tumbuh dari karyawan yang bekerja dengan sepenuh hati, pelanggan yang setia mempercayakan kebutuhan konektivitasnya pada kami, mitra bisnis dan juga rekan media yang selalu mendukung, masyarakat yang selalu menerima dan memberikan ruang bagi kami untuk lebih berkembang,” pungkasnya.
Selain itu, Biznet juga memberikan apresiasi kepada pelanggan dan masyarakat melalui berbagai program dan inovasi.
“Pada momen ini kami memberikan apresiasi kepada para pelanggan dan masyarakat melalui promo spesial dan juga program Biznet Prize Vaganza. Ke depan, kami akan terus menghadirkan layanan dan infrastruktur terbaik di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat. Kami selalu berinovasi untuk memberikan manfaat dan nilai tambah bagi masa depan Indonesia,” tutupnya.[den]




















Discussion about this post