Pasutri Positif Corona, Riwayat Perjalanan ke Sulsel

H Harisson

– Delapan kasus baru, pasien di Kalbar terkomfirmasi positif virus corona. Dari jumlah tersebut, satu di antaranya sudah dinyatakan sembuh.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalbar H Harisson mengatakan, pada 15 April 2020 pihaknya menerima laporan hasil laboratorium Balitbangkes Jakarta. Di mana dinyatakan ada tambahan delapan kasus konfirmasi Covid-19 di Kalbar.

“Dan baru 16 April 2020 diumumkan juru bicara pemerintah,” katanya, Kamis (16/4/2020).

Adapun delapan kasus tersebut, pertama seorang laki-laki berusia 48 alamat Pontianak. Saat ini yang bersangkutan sedang dirawat di Rumah Sakit (RS) di Pontianak. Kedua, laki-laki 50 tahun alamat Pontianak.

“Pasien ini memiliki riwayat perjalanan ke Sulawesi Selatan (Sulsel),” jelasnya.

Baca jugaKabar Mengejutkan, Terjadi Lonjakan Positif Corona di Kalbar

Pasien ketiga, perempuan 44 tahun. Ibu ini merupakan istri dari pria yang mempunyai riwayat perjalanan ke Sulsel. Saat ini pasangan suami istri (Pasutri) tersebut diisolasi ketat di salah satu RS Pontianak.

Baca Juga :  OPD Pemkot Pontianak Diminta Prioritaskan Pembangunan Manusia

“Keempat, pasien laki-laki 46 tahun alamat Pontianak,” ungkap Harisson.

Pasien kelima laki-laki 57 tahun sebagai Anak Buah Kapal (ABK). Pekerja di salah satu kapal ini memiliki alamat Jakarta dan sedang dirawat salah satu RS di Pontianak. Keenam, laki-laki umur 22 tahun yang juga seorang ABK.

“Alamatnya Makasar, saat ini sedang dirawat RS Pontianak,” ujarnya.

Selanjutnya yang ketujuh laki-laki umur 29 tahun alamat Kabupaten Kayong Utara dan memiliki riwayat perjalanan ke India. Terakhir, laki-laki umur 48 tahun alamat Kota Singkwang dengan riwayat perjalanan ke Gowa.

“Saat ini yang bersangkutan sedang diisolasi ketat,” ucapnya.

Baca jugaKabar Tidak Baik, Kalbar Bertambah Tiga Positif Corona

Dari delapan yang terkomfirmasi Covid-19 ini, kata Harisson, satu dinyatakan sembuh. Yaitu pasien keempat, seorang laki-laki 46 tahun alamat Pontianak. Dua lagi sudah dinyatakan negatif, tapi masih menunggu pemeriksaan ulang satu kali lagi.

Baca Juga :  PLN Umumkan Pememang Lomba Menulis HLN ke-75

“Kalau pemeriksaan kedua juga negatif, maka dinyatakan sembuh. Yaitu laki-laki umur 22 tahun ABK asal Makassar dan laki-laki umur 50 tahun dengan riwayat perjalanan ke Sulsel,” paparnya.

Hingga saat ini, sambung Harisson, keseluruhan kasus terkomfirmasi Covid-19 di Kalbar berjumlah 21 orang. Dimana tujuh orang dirawat di beberapa RS di Kalbar, lima sedang diisolasi secara ketat, enam sembuh dan tiga meninggal dunia.

“Saya berpesan kepada masyarakat agar tetap tinggal di rumah, usah ke luar rumah, kecuali untuk hal-hal penting. Selalu memakai masker, kemudian sering-sering mencuci tangan dengan sabun dibawa air yang mengalir sebelum menyentuh wajah,” imbau Harisson. (m@nk)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?