Warga Banyak Belum Sadar Menjaga Diri dari Ancaman Corona

Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie memasangkan masker kepada salah satu pedagang Pasar Tengah di Jalan Tanjungpura, Sabtu (2/5/2020). Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

– Dekranasda Kota Pontianak membagikan 1.000 masker, 1000 Vitamin C dan ratusan botol hand sanitizer kepada para pedagang maupun pembeli di Pasar Tengah, Jalan Tanjungpura, Sabtu (2/5/2020). Kegiatan ini bekerja sama dengan Rumah Aktif dan Himpunan Pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (HIMPU) Kota Pontianak.

“Kita bersama-sama bergerak melawan Covid-19 ini dengan membagikan masker, hand sanitizer dan juga vitamin C berjumlah 1000 paket,” kata Ketua Dekranasda Kota Pontianak, Yanieta Arbiastutie.

Baca jugaDekan Fakultas Kedokteran Untan Positif Covid-19, Diduga Tertular dari Pasien

Pembagian paket ini merupakan inisiatif Dekranasda Pontianak beserta pihak yang peduli dengan pencegahan penyebaran virus corona. Aksi ini disertai mengedukasi dan membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya social distancing dan physical distancing.

Baca Juga :  Cegah Karhutla, Sujiwo: Jangan Membuka Lahan dengan Membakar

“Karena belum semua orang memahami pentingnya pencegahan agar tidak tertular dan menularkan Covid-19,” ujarnya.

Dijelaskannya, masker yang dibagikan selain sumbangan dari HIMPU dan Rumah Aktif juga berasal dari pengrajin yang ada di Kota Pontianak.

“Alhamdulillah kita bersama-sama membagikannya secara gratis kepada masyarakat Kota Pontianak khususnya yang sedang berada di pasar tengah,” tuturnya.

Baca jugaPositif Corona Kalbar Bertambah Tujuh, Tiga Tenaga Kesehatan

Kendati begitu, Yanieta berharap mencegah penyebaran virus corona dengan menggunakan masker dan hand sanitizer hanyalah sebagai alternatif. Mengingat di tengah pandemi Covid-19 ini akan lebih baik masyarakat tetap berada di rumah.

Baca Juga :  270 ASN Pemkot Jalani Rapid Test, Reaktif Covid-19 Wajib Isolasi Mandiri

“Jika memang terpaksa harus keluar rumah karena urusan penting, mereka wajib menggunakan masker dan membawa sanitizer,” pesannya.

Yanieta menilai, masih banyak warga yang belum sadar untuk menjaga dirinya sendiri dari potensi ancaman wabah virus corona. Terutama penyebaran penularan wabah melalui kontak fisik.

“Kondisi seperti inilah yang membuat kita prihatin dan berinisiatif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat,” pungkas Yanieta. (m@nk)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?