Image
Image
Image
Image
Kapuas Hulu

Bangunan Diduga Milik Pemprov Kalbar Tak Terurus di ‘Beranda Negara’

Bangunan tepat di samping kantor Bea dan Cukai Badau terlihat kumuh, tak terurus dan difungsikan, Sabtu (12/06/2021). Foto: Jurnalis.co.id

– Bangunan yang diduga milik Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) tak terurus di ‘beranda negara’ Kabupaten Kapuas Hulu. Tidak difungsikan, bangunan yang berada tepat di samping Kantor Bea Cukai komplek PLBN Badau tampak terbengkalai.

Berdasarkan pantauan Jurnalis.co.id di lapangan, rumput-rumput tinggi penuhi depan bangunan. Warna cat mulai memudar menambah kesan suram dan tak terurusnya bangunan tersebut. Informasi yang diperoleh, bangunan itu dibuat untuk operasional pasar.

Image

Kepala Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan Kapuas Hulu Chaerul Saleh ketika dikonfirmasi mengaku tidak paham mengenai bangunan di kawasan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Badau itu. Ia hanya mengetahui bangunan Pasar Wisata yang dikelola PLBN Badau.

“Kalau Pasar Wisata Badau kami tahu, karena kami dengan beberapa OPD memang pernah diundang oleh Kepala PLBN Badau untuk membahas pada saat mau difungsikan dulu,” jelasnya, Sabtu (12/06/2021).

Image

“Karena Disperindag Provinsi tidak pernah menginformasikan kepada kami. Mungkin saja itu dibangun dari PUPR,” sambung Chaerul.

Begitu pula dengan Edy selaku Plt Camat Badau. Dia juga tidak mengetahui pasti status bangunan terbengkalai tersebut. Dirinya juga mendapatkan cerita bahwa bangunan itu milik Pemprov Kalbar.

“Kata orang itu bangunan pasar milik Pemerintah Provinsi Kalbar,” ucapnya, Sabtu (12/06/2021).

Edy cuma bisa memastikan bahwa selama dirinya sebagai Plt Camat Badau, bangunan tersebut tidak pernah difungsikan. Ia pun sangat menyayangkan adanya bangunan yang masih kokoh, namun dengan kondisi seperti itu (tidak difungsikan dan terurus, red). (rin)

Image Image Image
Image Image
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top