Banyak Berkegiatan di Masjid Meningkatkan Keimanan dan Sosial Kemasyarakatan

Edi Kamtono Resmikan Masjid Baabul Khair

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menandatangani prasasti peresmian Masjid Baabul Khair, Gang Suditrisno-Melati, Jalan Uray Bawadi, Jumat (29/09/2023). Foto: Prokopim Pemkot Pontianak

JURNALIS.co.id – Pembangunan suatu daerah ikut bergantung dengan kehadiran masjid di tengah masyarakat. Tidak terkecuali di Kota Pontianak. Artinya, fungsi masjid selain sebagai tempat ibadah, juga menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan hingga pendidikan.

Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menyebut, terdapat 346 masjid yang telah berdiri kokoh di Kota Pontianak serta 600 musholla atau surau.

“Banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Masjid, yang berkaitan dengan ibadah meningkatkan keimanan dan sosial kemasyarakatan. Kita hanya mengharap berkah dari Allah,” paparnya usai menandatangani peresmian Masjid Baabul Khair Gang Suditrisno-Melati, Jalan Uray Bawadi, Jumat (29/09/2023).

Baca Juga :  Stunting Pontianak Ditargetkan Turun 5 Persen

Edi menilai, ada kaitan erat antara sumber daya manusia dan pembangunan. Menurutnya, anak-anak harus merasakan pendidikan Islami, berdasarkan Alquran dan hadits. Oleh karenanya, ia berharap agar peran masjid ditingkatkan kualitasnya.

Pada kesempatan peresmian itu pula, Edi menyampaikan permohonan maaf apabila selama dirinya dan Wakil Wali Kota menjabat terdapat kekurangan. Mengingat jabatannya akan berakhir pada Desember 2023 mendatang, ia pamit kepada warga sekitar masjid.

“Mudah-mudahan Allah selalu memberikan rahmat bagi Kota Pontianak dan masyarakatnya,” ucap Edi.

Baca Juga :  Pemkab Ketapang Salurkan Hibah ke Lembaga Keagamaan dan Tempat Ibadah

Ketua Pengurus Masjid Baabul Khair, Syarifuddin menjelaskan, wakaf dan kedudukan masjid sudah jelas dan telah mendapat pengukuhan oleh Kementerian Agama Kota Pontianak pada tahun 2019. Ia menyebut, masjid ini secara resmi sudah memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB) pada 2019, dan telah dilakukan pemancangan tiang pada Februari 2019. Pengerjaannya sudah dilakukan sejak 04 maret 2019 dan selesai pada 24 Mei 2020.

“Terselenggaranya peresmian ini merupakan dukungan seluruh jamaah dan pengurus masjid,” tutupnya. (hen)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?