JURNALIS.co.id – Astra Motor Kalimantan Barat belum lama ini menggelar acara yang bertajuk ‘Educate for You’ ke sekolah-sekolah. Rangkaian acara ini meripakan kegiatan ESG (Environmet, Social dan Governance) yang sedang digaungkan oleh AHM dan Asmo Kalbar.
Pada program ini para wartawan turut serta secara langsung memberikan edukasi pengetahuan komunikasi kepada total lebih dari 800 pelajar yang terbagi dalam dua sekolah yaitu SMKN 1 Pontianak dan SMKN 7 Pontianak. Aktivitas ini hadir sebagai langkah sepeda motor Honda untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan dan pengetahuan informasi di era digital. Berbagai materi ajar secara teori disampaikan kepada peserta untuk dapat mengenal dan memilah informasi dari berbagai saluran komunikasi seperti media massa hingga sosial media.
Dalam kegiatan Educate for You, siswa-siswi diajarkan cara mengenal dan memilah informasi yang tersebar melalui berbagai saluran komunikasi seperti media massa hingga media sosial dengan bekerjasama dengan narasumber dan praktisi dari beberapa Media. Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan literasi digital, tetapi juga untuk membentuk generasi yang lebih kritis dan bijak dalam menyikapi informasi.
Region Head Asmo Kalbar, Lukas Ferinata menyampaikan pentingnya kolaborasi dari berbagai pihak dalam mendukung pendidikan dan pengetahuan informasi di era digital.
“Dengan misi yang sama dengan AHM dan Astra Motor Sustainability Initiatives 2030 yaitu memberikan manfaat kepada masyarakat melalui Community Development Program, Asmo Kalbar terus berkontribusi untuk membantu menciptakan generasi yang lebih sadar, kritis, dan mampu menghadapi tantangan informasi di masa depan,” katanya.
Kegiatan ini mendapat respons positif dari berbagai pihak yaitu sekolah dan para peserta serta wartawan yang ikut serta. Kegiatan Educate for You merupakan langkah penting dalam persiapan menghadapi tantangan informasi di masa depan. Dengan semakin meningkatnya penetrasi internet dan penggunaan media sosial khususnya di kalangan pelajar, sangat penting bagi generasi muda untuk memiliki pemahaman yang baik tentang cara memilah informasi yang benar dan terpercaya.
“Edukasi mengenai pencegahan berita hoax sangat penting di era digital ini, dan kami berharap para siswa dapat menerapkan pengetahuan yang mereka peroleh dalam kehidupan seharihari,” tutup Lukas.
Berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan ini merupakan turunan dari campaign (kampanye) yang sedang digaungkan yaitu ‘ESG Mission, Engaging for The Future’. Tidak hanya sampai di sini, hadirnya EV product terbaru Honda yaitu EM 1 e: juga merupakan bukti keseriusan AHM dan Asmo Kalbar dalam menjaga keberlangsungan lingkungan.
Dengan semangat Sinergi Bagi Negeri, Asmo Kalbar akan kembali melaksanakan beberapa kegiatan lainnya seperti Uji Kompetensi Keahlian hingga Safety Riding bersama Jurnalis. (m@nk)
Discussion about this post