Sekda Alex Hadiri Upacara HUT ke-78 TNI

Jajaran Forkopimda Ketapang poto bersama usai apel HUT ke-78 TNI di Pelabuhan Sukabangun Ketapang, Kamis (05/10/2023). Foto: Prokopim Pemkab Ketapang

JURNALIS.co.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Ketapang, Alexander Wilyo, bersama Ketua DPRD Ketapang dan Jajaran Forkopimda menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-78 TNI Tahun 2023, di Pelabuhan Sukabangun Ketapang, Kamis (05/10/2023) kemarin.

HUT ke-78 ini mengusung tema ‘TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju’. Upacara dipimpin oleh Komandan Lanal Ketapang, Letkol Laut (P) Ivan Halim.

Dalam Peringatan HUT ke-78 TNI tersebut, Komandan Lanal Ketapang Letkol Laut (P) Ivan Halim Opsla membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudho Margono.

Baca Juga :  Kodim Putussibau Gelar HUT TNI di Perbatasan Indonesia - Malaysia

Dikatakan dia, TNI telah hadir dan menjalankan amanat bagi garda terdepan sekaligus benteng terakhir NKRI selama 78 tahun. Selaras dengan tema HUT ke-78 TNI Tahun 2023 yaitu TNI Patriot NKRI Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju.

Tema tersebut mengandung makna bahwa kekuatan sebagai komponen utama pertahanan daerah, TNI berkomitmen bersinergi dengan seluruh komponen bangsa lainnya dalam mengawal demokrasi untuk mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri, maju dan sejahtera.

Sinergitas ini untuk menyongsong  Pemilu serentak tahun 2024, dimana akan dilaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota Legislatif serentak di 548 daerah yaitu 38 Provinsi, 415 kabupaten dan 98 kota madya.

Baca Juga :  Kohati Ketapang Gelar Sosialisasi Pencegahan Bullying dan Pelecehan Seksual

“Kelancaran dan kesuksesan pesta demokrasi tersebut akan sangat menentukan perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara ke depan. Untuk menyikapi kondisi tersebut, para prajurit TNI dituntut untuk totalitas dan antisipatif terhadap dinamika dan perkembangan situasi bangsa,” tuturnya.

Peringatan HUT TNI ke-78 juga menampilkan aksi patriot TNI berupa atraksi pencak silat dalam usaha melawan musuh menggunakan tangan kosong dan demonstrasi pembebasan sandera di kapal. (lim)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?