UNU Kalbar Sukses Gelar Pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah

UNU Kalbar gelar Pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah. Foto: UNU Kalbar

JURNALIS.co.id – UNU Kalbar sukses menyelenggarakan Pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah. Pelatihan ini diikuti 60 perserta dari sepuluh program studi unggulan yang tersedia di UNU Kalbar.

“Ini upaya kita meningkatkan kapasitas mahasiswa di bidang penulisan karya ilmiah. Antusias peserta sangat tinggi. Semoga apa yang didapat dari pelatihan ini bisa diterapkan dan bisa terampil dalam menulis ilmiah,” kata Wakil Rektor II, Jipridin M Si di kampusnya, Sabtu (28/10/2023).

Pelatihan ini digelar selama tiga hari dan pada Sabtu saja. Dimulai pada Sabtu, 14 Oktober 2023 lalu. Lalu dilanjutkan pada 21 dan 28 Oktober 2023. Kenapa Sabtu, karena di hari lain mahasiswa mengikuti perkuliahan. Sementara Sabtu libur dan dimanfaatkan untuk pelatihan ini.

Baca Juga :  Lomba dan Pertunjukan Seni Semarakkan HUT ke-XIV SMKN 1 Tebas

Ditambahkan alumni IAIN Pontianak ini, pelatihan Kepenulisan Karya Ilmiah berhasil menjaring 27 dari 60 peserta. Mereka tergabung dalam Komunitas Penulisan Karya Ilmiah di UNU Kalbar. Kesuksesan pelatihannya ini tentu saja tidak terlepas dari pihak penyelenggara yaitu Bidang Kemahasiswaan, Kajian Strategis, dan Sistem Informasi UNU Kalbar serta pemateri-pemateri dari akademisi UNU Kalbar.

Untuk pemateri tentang Urgensi, Motivasi, dan Bentuk Karya Tulis Ilmiah dan Ideasi disampaikan Jamaludin, M.Ling. Materi tentang Program Kegiatan PKM, PPK Ormawa, P2MW dan Daftar Pustaka disampaikan Rizqy Fahria, M.Sc. Sementara materi tentang Bedah Proposal disampaikan Nurhaidah, M.Pd. Materi tentang Studi Literatur dan Penyusunan Paragraf disampaikan Gita Anggita S.T.P, M.Si.

Baca Juga :  Dosen UNU Sukses Menangkarkan Lebah Apis Mellifera Pertama di Kalbar

“Mahasiswa terpilih tersebut diharapkan mampu memberikan gagasan atau ide terbaik yang dapat berkontribusi untuk memecahkan permasalahan di tengah masyarakat khususnya di Kalimantan Barat,” harap Jipridin.

Komunitas Penulisan Karya Ilmiah ini nantinya akan terus melakukan seleksi guna menjaring pemikir sekaligus penulis andal dari kalangan mahasiswa UNU Kalbar. Ide-ide tersebut akan dirasakan masyarakat sebagai bentuk hadirnya mahasiswa yang mampu menjadi pemikir andal juga generasi mampu bersaing di tengah kemajuan pendidikan. Pelatihan ini merupakan bentuk UNU Kalbar sebagai Kampus Berani Berkarya dan Berkontribusi sehingga terus mampu menunjukkan keberadaannya di kalangan masyarakat khususnya di Kalbar. (hen)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?