JURNALIS.co.id – RSUD Sultan Muhammad Jamaludin 1 menggelar Konsultasi Publik Stakeholder Gathering, Kamis (09/11/2023). Kegiatan yang berlangsung di aula RSUD Sultan Muhammad Jamaludin 1 ini dibuka langsung oleh Plh Sekda Kayong Utara, Badaruzzaman.
Membacakan sambutan Penjabat Bupati Kayong Utara, Badaruzzaman menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara ini.
“Forum ini diharapkan terjalin hubungan yang solid antara pemberi layanan dan penerima layanan serta pihak terkait dengan insitusi pelayanan publik,” katanya seraya berharap kegiatan ini terus diselenggarakan secara kontinyu.
Sementara Direktur RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I, Maria Fransisca menyampaikan kegiatan ini diramu sedemikian rupa untuk membuka kesempatan dialog dan diskusi antara pemberi layanan, penerima layanan, serta pihak-pihak terkait lainnya.
“Ya, di dalam perjalanannya tentu masih banyak hal yang perlu ditingkatkan. Selain pembangunan fisik, juga yang kerap dikeluhkan adalah sikap petugas pemberi layanan yang terkadang masih belum sesuai dengan harapan kita pada instansi pelayanan publik,” sebutnya.
Hal tersebut, kata perempuan karib disapa dokter Sisca ini, tergambar pada beberapa keluhan yang masuk ke media sosial RSUD Sultan Muhammad Jamaludin I.
“Oleh karena itu, tema yang diangkat dalam stakeholder gatehering tahun ini adalah faktor komunikasi dalam meningkatkan kualitas layanan dan kepuasan pelanggan,” jelasnya.
Sisca menerangkan pihak rumah sakit sudah kerap melakukan langkah-langkah penguatan pelayanan dari petugasnya. Seperti mengundang narasumber dari luar untuk memberikan pelatihan pelayanan prima, komunikasi yang efektif dan pelatihan peningkatan kapasitas lainnya.
“Namun tentu apa yang dilakukan tidak bisa hanya melalui pelatihan saja, melainkan perlu dilakukan pemantauan dan bimbingan secara terus menerus,” lugasnya.
Dalam rangka menindaklanjuti keluhan dari masyarakat, lanjut Sisca, pihak manajemen RSUD Sultan Muhammad Jamaludin 1 selau memberikan langkah-langkah sesuai dengan standard operasional prosedur (SOP) yang telah dibuat. Seperti kasus sempat viral beberapa waktu lalu telah dilakukan langkah mediasi kepada pihak yang mengajukan keluhan dengan difasilitasi dari Dinas Kominfo Kayong Utara.
“Masih banyak sebenarnya kejadian-kejadian keluhan yang langsung ditindak lanjuti sesuai dengan laporan dari masyarakat. Masyarakat tidak perlu khawatir memberikan kritik, saran dan masukan yang membangun, karena pihak kami akan tetap menindaklanjutinya,” ucapnya.
Tidak lupa Sisca mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang telah menyempatkan hadir, bahkan sampai selesainya kegiatan. Dia juga meminta dukungan seluruh undangan dalam pelaksanaan kesepakatan agar dalam pertemuan serupa di tahun depan RSUD milik Pemkab Kayong Utara tersebut sudah menjadi lebih baik lagi. (Bak)
Discussion about this post