
JURNALIS.co.id – Untuk meningkatkan kualitas layanan bagi nasabah pensiunan, Bank Kalbar Cabang Mempawah bersama PT Taspen Cabang Pontianak menggelar Sosialisasi Flagging Taspen, Aplikasi Layanan Digital, dan Prosedur Perpindahan Kantor Bayar.
Kegiatan ini berlangsung di Aula Lantai 3 Kantor Cabang Mempawah, Senin (23/06/2025).
Acara ini diikuti oleh puluhan pegawai Bank Kalbar Cabang Mempawah dari berbagai lini layanan, mulai dari Pimpinan Cabang Pembantu, Kepala Seksi Kredit, Kepala Seksi Pelayanan Nasabah, hingga Pimpinan Kantor Kas, teller, dan staf customer service.
Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mengenai proses flagging Taspen, pemanfaatan aplikasi Taspen Online Service (TOS), serta prosedur mutasi kantor bayar secara daring semuanya demi memudahkan pelayanan bagi lebih dari 19.000 nasabah pensiunan peserta Taspen yang tersebar di seluruh Kalimantan Barat.
Perwakilan PT Taspen, Khairurrizka, menegaskan dalam pemaparannya bahwa nasabah perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap penipuan digital yang mengatasnamakan Taspen.
Ia juga mendorong Bank Kalbar selaku mitra bayar untuk lebih proaktif dalam mengedukasi nasabah mengenai manfaat serta keamanan layanan digital.
Dalam kesempatan tersebut, Kepala Bidang pada Divisi Kredit Bank Kalbar, Muriani Murazasa, juga menyampaikan bahwa peningkatan layanan bagi pensiunan merupakan bagian penting dari strategi untuk membangun loyalitas serta mendukung kesejahteraan nasabah.
“Layanan yang aman, nyaman, dan mudah diakses akan menumbuhkan kepercayaan dan menjaga hubungan jangka panjang,” ujarnya.
Sementara itu, Wakil Pimpinan Cabang Mempawah, M. Ikhsan Rhaliby, menekankan pentingnya kesiapan pegawai dalam memberikan layanan yang efisien dan dekat dengan nasabah pensiunan.
“Acara ini sangat penting agar pegawai siap memberikan solusi layanan kepada pensiunan, cukup dari kantor Bank Kalbar terdekat tanpa harus ke Kantor Taspen di Pontianak,” pungkasnya.
Kolaborasi ini menjadi wujud nyata komitmen Bank Kalbar sebagai Bank Pembangunan Daerah yang responsif terhadap transformasi digital.
Hal ini tercermin dari upayanya dalam meningkatkan kualitas SDM, menyederhanakan proses mutasi kantor bayar, serta menghadirkan program pembiayaan pensiunan dengan suku bunga kompetitif mulai dari 0,45% flat per bulan.
Selain itu, kegiatan ini juga merupakan bagian dari strategi Bank Kalbar dalam memperkuat keterlibatan nasabah (customer engagement) dan memberikan layanan yang inklusif berbasis teknologi, khususnya bagi pensiunan.
Rencana kegiatan sosial secara rutin, seperti pemeriksaan kesehatan gratis dan layanan prioritas setiap awal bulan, turut menjadi bagian dari pendekatan tersebut.(Den).
Discussion about this post