Positif Corona Kalbar Bertambah 7 Orang, Tidak Lagi Berdasarkan Klaster, Penularan Terjadi Antarwarga

Ilustrasi virus corona. Jurnalis.co.id

– Kasus konfirmasi positif virus corona di Kalimantan Barat belum juga menunjukan bakal berakhir. Data terbaru bahkan ada penambahan tujuh orang positif Covid-19 di Kalbar.

Penambahan tujuh kasus positif Covid-19 ini diumumkan langsung oleh Gubernur Kalbar H Sutarmidji melalui akunnya di Facebook. “Hari ini kasus positif Covid-19 yang terkonfirmasi bertambah 7 orang dan yang sembuh 1,” tulisnya, Jumat (22/5/2020).

Baca jugaMengkhawatirkan, 44 Petugas Bandara Supadio Reaktif Covid-19

Mantan Wali Kota Pontianak dua periode disapa Midji ini mengungkapkan keterjangkitan sekarang tidak lagi berdasarkan klaster. Tapi sudah menyebar, karena penularannya antarwarga setempat.

Baca Juga :  DPRKP Pontianak Rayakan Hari Perumahan Nasional Bersama Warga Rusunawa

“Mereka tidak ada gejala seperti orang sakit, yang bahaya ketika yang terjangkit ada penyakit bawaan seperti darah tinggi, jantung, diabetes,” katanya.

Baca juga: Di Rumah Justru Reaktif, Pemkot Pontianak Berencana Rapid Test Seluruh ASN

Selain tujuh positif dan satu sembuh, kata Midji, pihaknya masih menunggu sekitar 380 pemeriksaan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Jakarta. “Jadi tetap waspada,” tuntas Midji.

Baca Juga :  LKPj Gubernur Kalbar Tahun 2021, Prabasa Soroti Tingginya SiLPA

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalbar H Harisson mengatakan tujuh orang tambahan kasus konfirmasi Covid-19 tersebut enam warga di Kota Pontianak dan satu di Kabupaten Kubu Raya. Kasus positif ini hasil pemeriksaan swab di laboratorium Rumah Sakit Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak.

“Hari ini juga ada satu kasus konfirmasi yang dinyatakan sembuh, yakni warga Pontianak,” ungkap Harisson. (m@nk)


Are you sure want to unlock this post?
Unlock left : 0
Are you sure want to cancel subscription?