Image Image Image Image
Sambas

Bupati Satono Dukung Peluncuran Aplikasi Loketku Kementerian ATR/BPN

Bupati Sambas Satono melakukan pemotongan tumpeng Peringatan 61 Tahun UUPA ATR/BPN. Foto: Imbran Eksistensi for jurnalis.co.id

– Bertepatan peringatan 61 tahun Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA), Kantor ATR/BPN Kabupaten Sambas, meresmikan aplikasi Loketku, Jumat (24/09/2021). Aplikasi Loketku merupakan pelayanan loket online untuk mempermudah masyarakat, guna memeriksa berkas sebelum datang ke kantor pertanahan.

Bupati Sambas, Satono dalam kesempatan itu mengatakan, inovasi dan terobosan Kementerian ATR/BPN tersebut sangat membantu bagi masyarakat yang hendak datang ke kantor pertanahan. Hal itu sesuai tajuk peringatan 61 tahun UUPA yakni ‘Percepatan Pemulihan Ekonomi melalui Tata Ruang dan Pertanahan yang Profesional’.

Satono menilai, melalui aplikasi Loketku akan lebih efisien waktu dan biaya.

“Manfaat aplikasi Loketku yang diluncurkan Kementerian ATR/BPN hari ini harus berdampak ke masyarakat Sambas. Dengan adanya layanan elektronik tersebut, masyarakat akan lebih yakin mengenai kelengkapan berkasnya sebelum datang ke kantor pertanahan. Pelayanan secara elektronik ini nantinya akan meningkatkan efisiensi waktu, biaya dan transparansi pelayanan,” kata Satono.

Image

Kantor pertanahan adalah instansi pelayanan publik yang berkaitan dengan perijinan dan penerbitan sertifikat. Setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus bisa disederhanakan guna mendukung kemudahan perizinan bagi masyarakat, terutama yang ingin berwirausaha.

Satono menjelaskan bahwa bagi setiap masyarakat kabupaten Sambas yang hendak mendapatkan perinzinan harus melalui tiga persyaratan. Selain itu kantor pertanahan juga harus mampu memudahkan dan mempercepat masyarakat dalam mendapatkan perizinan.

“Hanya ada tiga persyaratan dasar yang dibutuhkan dalam rangka penerbitan ijin berusaha di Kantor Pertanahan, yaitu kesesuaian kegiatan pemanfaatan ruang, persetujuan lingkungan dan detail tata ruang bersama pemerintah daerah harus kita dorong percepat penerbitannya,” jelasnya.

Satono mendorong semua instansi yang ada agar lebih mengedepankan pelayanan berbasis online atau elektronik guna meminimalisir kontak langsung antara petugas dan masyarakat yang membutuhkan pelayanan. Sehingga dapat mengurangi penyebaran Covid-19. (gun)

Image
Image Image
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top