
JURNALIS.CO.ID – Bupati Jember Muhammad Fawait atau lebih dikenal Gus Fawait melaunching layanan atas keluhan pelayanan publik dengan tajuk “Wadul Gus’e”. Layanan di bisa diakses oleh seluruh warga Jember dan terhubung dengan Gus Fawait di nomor call center 081131111108.
Launching layanan keluhan atas pelayanan publik “Wadul Gus’e” dilaksanakan tepat di depan ruang Call Center yang berada di sudut kiri pintu utama kantor Pemkab Jember, Jumat sore, (14/3/2025).
Untuk mendukung suksesnya program inovatif tersebut, Gus Fawait mengundang seluruh asisten, kepala OPD, camat, lurah, Direktur BUMD dan Direktur RSUD serta awak media.

Slogan layanan “Wadul Gus’e” yang diusung bertuliskan “Sampaikan keluh kesah tentang pelayanan pemerintah langsung ke Bupati”, Hubungi Call Center 081131111108,”Keluh kesah warga Jember akan langsung dipantau oleh Bupati.
Dalam sambutannya, Bupati Jember mengatakan layanan “Wadul Gus’e” adalah sebuah inovasi untuk mendekatkan warga Jember dengan bupatinya yang baru.

“Dalam upaya mewujudkan Jember Baru Jember Maju dan Jember lebih Baik, kami ingin serius menghilangkan batas-batas antara rakyat dengan pemimpinnya,” ucap Gus Fawait.
Pemimpin Kabupaten Jember itu ingin merakyat, dekat dengan rakyat. Ia sengaja memakai mobil dinas dengan plat merah P 1 merk Toyota Avanza Veloz, jenis mobil yang banyak digunakan oleh masyarakat.
“Saluran komunikasi ini bagian dari upaya kami melakukan perbaikan-perbaikan pelayanan publik. Apapun bisa disuarakan karena ini akan nyambung ke saya,” katanya. Tujuannya adalah kecepatan dalam penanganan persoalan di masyarakat.

Dari pantauan media ini, di ruang Call Center layanan “Wadul Gus’e” ada 3 petugas yang siap menerima telepon keluhan, aduan, laporan atau pun aspirasi warga.
Setelah pengguntingan pita line telepon layanan dibuka langsung berdering. Gus Fawait sendiri yang menjawab. Ternyata warga yang menelpon itu mengeluhkan toilet Alun-Alun ada yang dalam keadaan rusak, padahal masih baru.
Setelah itu para undangan dipersilahkan bubar dan Gus Fawait didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman dan Cipta Karya (DPRKPCK), Kasatpol PP, Asisten dan lainnya langsung melihat toilet di Alun-Alun.
Usai sidak, melihat kondisi toilet baru di Alun-Alun, Gus Bupati menginstruksikan kepada Kepala DPRKPCK, Rahman Anda, untuk segera membenahi.
Sementara itu, Rahman Anda menjelaskan bahwa untuk merawat dan memelihara Alun-Alun Jember Nusantara ia menugaskan 30 pegawai, yang bekerja 3 shift untuk 24 jam non stop.
“Mereka bekerja dalam sehari 3 shift. Mulai pukul 03.00 sampai 11.00 wib untuk shift pertama. Yang shift kedua sampai pukul 19.00 dan shift ketiga pukul 16.00 sampai subuh,” terang Rahman sapaannya.
Sebagai tambahan informasi, sebelumnya di Pemkab Jember sudah aplikasi yang dikelola oleh Diskominfo yaitu J-KOPI. Di dalamnya juga berisi fitur laporan atas pelayanan publik di Jember. Tidak hanya itu, J-KOPI terhubung dengan berbagai lembaga di luar Pemkab seperti Polres, PMI, Damkar dan lainnya. (Sgt)


Discussion about this post