JURNALIS.co.id – Gaya hidup sehat kian digemari kalangan remaja, mendorong PT Astra Honda Motor (AHM) untuk mengambil langkah nyata bersama 177 pelajar SMA dalam upaya mengampanyekan hidup sehat melalui program Kolaborasi Aksi Remaja Sehat Satu Hati (KOLABERAKSI). Program ini mengajak para siswa setingkat SMA yang tergabung dalam Duta Remaja Sehat untuk menjadi garda terdepan dalam menyuarakan pentingnya menjaga kesehatan di lingkungan sekolah dan sekitarnya.
Dilaksanakan pada 29 Oktober 2024 di SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, Bekasi, program ini mengangkat semangat kolaborasi antara AHM dan generasi muda dalam mempromosikan kesehatan dan mencegah stunting. Melalui kampanye #AksiBergizi, para peserta dibekali pengetahuan inspiratif mengenai gizi seimbang dan pencegahan anemia, yang disampaikan langsung oleh Evi Nilawaty, SKM, MKM dari Direktorat Gizi dan Kesehatan Ibu dan Anak Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, serta dr. Dani Ferdian, MKM, Sp.KKLP., Subsp.COPC, seorang dosen dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.
Membawa topik bertema “Cegah Anemia dan Tingkatkan Produktivitas Menuju Indonesia Emas 2045,” para Duta Remaja Sehat mendapatkan wawasan mendalam terkait upaya pencegahan anemia sebagai salah satu langkah strategis menciptakan generasi yang produktif dan sehat. Tidak hanya melalui teori, para peserta juga dilibatkan dalam praktik penggunaan alat screening kesehatan, guna memberikan pemahaman nyata terkait pentingnya memantau kondisi kesehatan pribadi.
Aditya Wahrudi, salah satu Duta Remaja Sehat dari SMK Ananda Mitra Industri Deltamas, menyampaikan, “Sekarang ini, anak remaja seusia saya sangat peduli terhadap kesehatan, tercermin dalam minat yang tinggi untuk olahraga. Minat tersebut juga perlu diimbangi dengan wawasan edukasi kesehatan yang baik sehingga juga dapat menularkan semangat menjaga kesehatan ke para remaja lainnya.”
Dalam kesempatan ini, peserta juga diberikan edukasi mengenai menu makanan gizi seimbang dan pentingnya konsumsi Tablet Tambah Darah (TTD) sebagai langkah pencegahan anemia. Langkah ini menjadi bentuk nyata kepedulian terhadap kesehatan generasi muda dan mencegah risiko stunting di masa mendatang, sebuah isu penting yang saat ini tengah menjadi perhatian utama pemerintah.
General Manager Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin, menuturkan bahwa perusahaan berharap dapat mendukung terciptanya generasi emas di masa mendatang dengan membekali mereka pengetahuan serta kesadaran pentingnya hidup sehat.
“Kami ingin sejak dini membekali remaja dengan berbagai pengetahuan sekaligus praktik agar dapat menjadi bagian dari mereka yang melahirkan generasi sehat dan terhindar dari stunting di masa mendatang. Duta Remaja Sehat kami harapkan dapat menginspirasi teman dan lingkungannya mewujudkan salah satu tujuan pembangunan berkelanjutan bangsa,” ujar Muhibbuddin.
KOLABERAKSI yang diinisiasi oleh PT Astra Honda Motor ini menjadi sinergi nyata antara perusahaan dan banyak pihak dalam mendukung peningkatan kualitas kesehatan remaja Indonesia. Inisiatif ini diharapkan mampu berkontribusi pada pencapaian target SDGs Indonesia, khususnya pada indikator 2.2 mengenai prevalensi stunting dan anemia. (m@nk)
Discussion about this post