JURNALIS.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kabupaten Kapuas Hulu membagikan sejumlah hadiah kejutan (doorprize) dan suvenir dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional.
Hadiah kejutan dan suvenir tersebut dibagikan kepada peserta BPJAMSOSTEK yang hadir secara langsung di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
Aulia salah seorang peserta BPJAMSOSTEK, mengaku sudah lama menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kapuas Hulu.
“Saya merasa senang dengan pelayanannya. Saya juga senang sekali karena langsung disambut dengan ramah oleh BPJS Ketenagakerjaan,” katanya, Selasa (06/09/2022).
Dia mengharapkan BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu tetap memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh peserta BPJAMSOSTEK.
Sementara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu Nanda Shidiq Saputro mengatakan, Hari Pelanggan Nasional sebenarnya diperingati setiap tanggal 4 September.
“Namun karena tanggal 4 September 2022 merupakan hari Minggu, maka kegiatan peringatan Hari Pelanggan Nasional baru kami laksanakan kemarin (05/09/2022),” katanya.
Menurut Nanda, peringatan Hari Pelanggan Nasional kemarin, pihaknya membagikan souvernir bagi peserta yang berhasil registrasi di aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).
“Kita juga memberikan pelayanan kepada peserta yang mau klaim onsite, cek saldo dan pelayanan klaim lainnya,” ucapnya.
Lanjut Nanda peringatan Hari Pelanggan Nasional ini juga merupakan salah satu cara berinteraksi dan membangun silaturahmi serta memberikan pengalaman menyenangkan kepada peserta BPJAMSOSTEK.
Oleh karena itu, kata dia, pihaknya juga memanfaatkan momentum Hari Pelanggan Nasional untuk menjelaskan program-program BPJAMSOSTEK seperti Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM) dan Jaminan Pensiun (JP) kepada peserta yang hadir di Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kapuas Hulu.
“Kami akan terus meningkatkan budaya pelayanan yang lebih baik kepada peserta dengan cara menerima kritik dan masukan serta saran dari mereka,” katanya.
Lebih lanjut, Nanda mengatakan pihaknya juga memanfaatkan momentum Hari Pelanggan Nasional untuk lebih mengoptimalkan pelayanan melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).
Dengan memasang aplikasi JMO tersebut pada telepon pintarnya, kata dia, peserta BPJAMSOSTEK yang membutuhkan pelayanan tidak perlu datang langsung ke Kantor BPJAMSOSTEK Kapuas Hulu.
Menurut dia, fitur layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik) pada aplikasi JMO di antaranya pengajuan klaim JHT maksimal Rp10 juta dan pengkinian data peserta.
“Semoga pelayanan datanya menjadi lebih baik,” ucapnya.
Kendati demikian, dia mengakui tidak semua peserta BJAMSOSTEK memiliki telepon yang mendukung aplikasi JMO dan masih banyak yang belum memahami teknologi informatika.
Oleh karena itu, pihaknya akan terus menyosialisasikan manfaat aplikasi JMO yang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi peserta BPJAMSOSTEK
Nanda pun mengimbau agar peserta yang ingin mengklaim JHT agar tidak menggunakan calo, lebih baik datang langsung ke kantor.
“Tentunya kita siap membantu masyarakat untuk pengurusan klaim dan lainnya,” pungkas Nanda. (opik)
Discussion about this post