Image
Image
Kubu Raya

Vaksin Covid-19 Dinyatakan Suci dan Halal, MUI Kubu Raya Tunggu Fatwa Tertulis

Hasan Shubhi

– Masyarakat, khususnya umat Muslim tidak perlu ragu lagi dengan vaksin Covid-19. Hasil kajian Komisi Fatwa MUI pusat bahwa vaksin Covid-19 dinyatakan halal dan suci.

Ketua MUI Kubu Raya Hasan Shubhi mengatakan pada prinsipnya, memang betul virus corona itu ada. Manusia tidak perlu melawannya, tapi bagaimana tetap menang dan berdamai dengan virus ini.

“Buktinya sudah banyak yang terkena virus tersebut, tetapi kita harus lebih kuat dari pada virus,” kata Hasan saat rapat Pokja, Senin (11/01/2021).

Menurutnya, vaksin akan dilakukan untuk mempertebal dan memperkuat dari virus. Pihaknya masih menunggu secara tertulis terkait kehalalan dari MUI pusat . Walaupun fatwa secara tertulis masih belum keluar.

“Tapi dari kajian MUI, vaksin tersebut sudah menyatakan suci dan halal. Saat tinggal menunggu hasil kajian dari BPOM,” ucapnya.

Agar diketahui masyarakat bahwa vaksin tersebut halal, saat ini pihaknya masih menunggu secara tertulis yang nantinya akan disebar ke masyarakat di Kubu Raya.

Sementara Kepala Kantor Kementerian Agama Kubu Raya Kubu Raya Nahruji mengatakan, pihaknya terus mendukung program vaksinasi ini. Sehingga pihaknya terus kerja keras terkait isu-isu yang ada di lapangan.

Image

“Alhamdulillah dalam rapat kegiatan Pokja yang dilaksanakan ini, semua agama sudah hadir dan semua forum akan memberikan penjelasan. Bukan masalah vaksin, tetapi yang kita hadapi adalah isu-isu yang ada di masyarakat. Kesempatan ini bisa memberikan dan mencerahan, terkait pemyebaran virus,” terangnya.

Nahruji menambahkan, Kemenag Kubu Raya mempunyai dua orang tua. Pertama, Bupati dan masyarakat Kubu Raya. Kedua, Kanwil Kemenag Kalbar.

“Dua orang ini selalu kita berkoordinasi, bersama-sama mensosialisasikan kepada masyarakat. Ini tugas kita semua, memberikan dan menyadarkan masyarakat,” ucapanya.
Dia menjelaskan, secara hasil musyawarah gabungan dengan MUI, sepakat bahwa vaksin tersebut halal hukumnya.

“Semoga secara tertulis sebelum tanggal 13, sudah dikeluarkan yang menjadi kesepakatan bersama itu,” katanya.

Nahruji menambahkan, penyataan rapat ini hampir sama dengan MUI. Tinggal bagaimana menunggu kejelasan dari stakeholder yang ada.

“Yang jelas kami mendukung program ini, semoga memberikan manfaat bagi kita semua,” harapnya. (sym)

Image
Image Image Image
Image Image
Image Image
Image Image
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top